• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Soal dan Jawaban Kewirausahaan Kelas XII SMK

 on Thursday, October 26, 2017  

Soal Isian

1.    Sebutkan dan jelaskan 5 sifat strategi usaha
2.    Jelaskan 2 jenis pengelolaan persediaan yang dilakukan wirausaha.
3.    Sebutkan tujuan pokok dari layout pabrik
4.    Gambarkan dan jelaskan kondisi dalam mengidentifikasi dan memberdayakan karyawan
5.    Jelaskan tahap-tahap dalam pengendalian produksi dan jelaskan pula perbedaan tahapan pengendalian produksi pada proses produksi continuous dan intermittent
6.    Jelaskan 3 jenis modal yang harus disiapkan wirausaha dalam memulai suatu usaha
7.    Jelaskan beberapa kaidah yang harus diperhatikan dalam menyelenggarakan fungsi administrasi
8.    Sebutkan fungsi pemasaran
9.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran
10. Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat harga



Jawaban

1.    5 sifat strategi usaha
·         Dinamis, yaitu selalu mengikuti perkembangan dan perubahan zaman.
·         Efektif, yaitu dapat disesuaikan dengan perubahan arah persaingan dan pasarnya.
·         Efisien, yaitu berorientasi pada faktor biaya dan harga sebagai akibat biaya yang ditimbulkan oleh perubahan baik itu dari segi biaya produksi, biaya pemasaran, maupun distribusinya.
·         Antisipatif, yaitu dapat dikembangkan untuk disesuaikan dan dievaluasi menuju arah perubahan.
·         Fleksibel, yaitu tidak kaku dan dapat diperbarui.
2.    2 jenis pengelolaan persediaan
·         FIFO, persediaan yang pertama kali masuk itulah yang pertama kali dicatat sebagai barang yang dijual.
·         LIFO, persediaan yang terakhir masuk adalah barang yang pertama kali dicatat sebagai barang yang dijual.
3.    Tujuan pokok dari layout pabrik
·         Meminimalkan biaya pengangkutan dan penanganan.
·         Memudahkan pengawasan pekerjaan bagi mandor.
·         Mendapatkan penggunaan ruang yang efisien bagi karyawan maupun bagi penyimpanan.
·         Mempercepat dan melancarkan arus bahan-bahan.
·         Melakukan pekerjaan yang efisien.
4.    Kondisi dalam mengidentifikasi dan memberdayakan karyawan
·         Kondisi Karyawan mampu dan mau bekerja (termotivasi)
Hal yang dapat dilakukan wirausaha adalah memperlebar tanggung jawab pekerjaan dengan penambahan tunjangan, promosi jabatan dengan posisi baru, dan memberikan tantangan baru.
·         Kondisi Karyawan mau bekerja (termotivasi) tetapi belum mampu bekerja
Hal yang dapat dilakukan wirausaha adalah mensurvei/menanyakan apakah ia suka dan cocok di pekerjaan tersebut. Jika tidak, maka dapat dipindahkan, atau jika memang menyukai pekerjaan tersebut, maka berilah pelatihan (training), dan lengkapi dirinya dengan keterampilan.
·         Kondisi Karyawan mampu melakukan pekerjaan tersebut tetapi tidak termotivasi.
Hal yang dapat dilakukan wirausaha adalah dengan melakukan diskusi, survey, dan tanya-jawab tentang kecocokan dirinya dengan jenis pekerjaan tersebut. Jika tidak cocok dengen pekerjaan tersebut, kemungkinan yang timbul adalah gaji yang tidak sesuai dengan tanggung jawab serta beban kerjanya. Jika cocok dengan pekerjaan dan bidangnya, lakukan evaluasi beban pekerjaan, dan mungkin dapat diberdayakan untuk ditingkatkan posisinya dan berilah tantangan yang lebih besar.
·         Kondisi Karyawan tidak mau bekerja (termotivasi) dan tidak mampu untuk dipekerjakan lagi.
Cari tahu alasan ia tidak termotivasi. Jika tetap tidak termotivasi, berarti ia sudah tidak berkontribusilagi bagi usaha Anda dan sudah tidak produktif. Dan jika masih bias dan terus termotivasi, teruslah memotivasinya dan pantau dengan baik hingga semakin berkembang. Namun, jika dalam jangka waktu tiga bulan tidak termotivasi dan tidak mampu melaksanakan pekerjaannya jangan dipaksa, dan biarkan ia mencari pekerjaan baru.
5.    Tahapan pengendalian produksi:
·         Production forecasting
Production forecasting adalah peramalan produksi untuk mengetahui jumlah dan manfaat produksi yang akan dibuat di masa yang akan datang, sehingga kalau terjadi penyimpangan akan cepat diadakan penyesuaian produksi dimas ayang akan datang.
·         Routing
Routing adalah kegiatan untuk menetukan urutan-urutan proses dan penggunaan alat produksinya dari bahan mentah sampai menjadi produk akhir.
·         Schedulling
Schedulling adalah kegiatan untuk membuat jadwal proses produksi sebagai satu kesatuan dari awal proses samapai selesai proses produksi.
·         Dispatching
Dispatching adalah suatu proses untuk pemberian perintah untuk melaksanakan pekerjaan sesuai dengan routing dan schedulling yang dibuat.
·         Follow up
Follow up adalah kegiatan untuk menghilangkan terjadinya penundaan/keterlambatan kerja dan mendorong terkoordinasinya pelaksanaan kerja.
Perbedaan proses produksi continuous dan intermittent:
·         Continuous: adalah suatu proses produksi yang bahan baku untuk produksinya mengalir secara berurutan melalui beberapa tahap pengerjaan sampai akhirnya menjadi barang jadi.
·         Intermittent: adalah proses produksi yang terputus-putus, dimana proses produksi tidak dilakukan secaara berurutan.
6.    3 jenis modal yang harus disiapkan wirausaha
·         Modal investasi awal
Adalah jenis modal yang harus Anda keluarkan di awal, dan biasanya dipakai untuk jangka panjang.
·         Modal kerja
Adalah modal yang harus Anda keluarkan untuk membeli atau membuat barang dagangan Anda. Modal kerja ini bisa dikeluarkan setiap bulan, atau setiap datang order.
·         Modal operasional
Adalah modal yang harus Anda keluarkan untuk membayar biaya operasi bulanan dari bisnis Anda.
7.    Kaidah yang harus diperhatikan dalam menyelenggarakan fungsi administrasi
·         Tugas dan tanggung jawab tiap-tiap pejabat ditetapkan secara tertulis
·         Dalam administrasi harus terdapat prosedur yang tetap
·         Tulis-menulis yang banyak harus dihindarkan
·         Sistem kearsipan yang dapat dipertanggungjawabkan
·         Harus diadakan pembagian pekerjaan
·         Pengawasan internal harus terjamin
8.    Fungsi pemasaran
·         Analisis Konsumen
·         Penjualan Produk/Jasa
·         Perencanaan Produk dan Jasa
·         Penetapan Harga
·         Distribusi
·         Riset Pemasaran
·         Analisis Peluang
9.    Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan.
10. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat harga
·         Kurva permintaan
Kurva yang menunjukkan tingkat pembelian pasar pada berbagai harga
·         Biaya
Biaya merupakan faktor penting dalam menentukan harga minimal yang harus ditetapkan agar perusahaan tidak mengalami kerugian
·         Persaingan
Persaingan dalam suatu industri dapat dianalisis berdasarkan faktor-faktor tertentu
·         Pelanggan

Permintaan pelanggan didasarkan pada beberapa faktor yang saling terkait

Soal dan Jawaban Kewirausahaan Kelas XII SMK 4.5 5 Hand Thursday, October 26, 2017 Soal Isian 1.     Sebutkan dan jelaskan 5 sifat strategi usaha 2.     Jelaskan 2 jenis pengelolaan persediaan yang dilakukan wirausah...


No comments:

Post a Comment

J-Theme